Calon klien mengajukan permohonan sertifikasi dan mengisi daftar isian permohonan

IKRCS akan melakukan kajian atas permohonan calon klien. Hal ini terkait dengan keabsahan legalitas/administrasi calon klien, proses bisnis, struktur organisasi, bidang usaha, serta informasi lain yang relevan, serta ruang lingkup serta kompetensi IKRCS dalam melayani scope sertifikasi calon klien.

Apabila hasil kajian permohonan merekomendasikan berlanjutnya proses sertifikasi, maka dilakukan penandatanganan perikatan untuk pekerjaan sertifikasi dimaksud.

Audit stage I atau disebut juga sebagai audit kecukupan dokumen, yang dapat berupa audit on site maupun off site.

Audit stage II merupakan audit untuk mengetahui kesesuaian atas dokumen dan bukti implementasi. Dilakukan on site secara sampling sesuai dengan tujuan dan kriteria audit yang telah ditetapkan.

Hasil audit akan dibahas di komite sertifikasi untuk memutuskan apakah organisasi dapat direkomendasikan memperoleh sertifikat atau tidak.

Sertifikat diterbitkan untuk klien yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Komite Audit

Dilaksanakan setidaknya satu kali dalam setahun terhitung sejak keputusan sertifikasi.

Merupakan proses sertifikasi bagi klien yang telah menjalani satu siklus sertifikasi, atau selama tiga tahun. Tahapan/proses resertifikasi sama dengan proses sertifikasi pada saat pertama kali organisasi mengajukan permohonan.